Pembelajaran Praktis bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Tulungagung menuntut mahasiswa untuk dapat menghasilkan sebuah karya baik jurnalistik maupun non jurnalistik. Berikut adalah sejumlah karya yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Tulungagung.

Film Pendek 

Film pendek merupakan konten yang menggabungkan beberapa kemampuan sekaligus. Dalam film dokumenter tidak hanya membutuhkan kemampuan teknik produksi dan editing saja. Kemampuan dalam mengemas pesan dan menuangkannya dalam bentuk audio visual juga menjadi poin penting yang harus dimiliki. Berikut adalah beberapa film pendek karya mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam:

  1. Film Pendek Berjudul ‘Biarkan Sopanku Terkayuh Sepanjang Masa’
  2. Film Pendek Berjudul ’Golek Wangsit’

News Buletin

News Buletin adalah format acara berita yang ditayangkan di stasiun televisi. Dibutuhkan kemampuan jurnalistik yang kuat untuk dapat membuat sebuah program acara berita. Berikut adalah contoh program acara berita yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam:

  1. Program Acara Berita karya Mihmid Efendi dan kawan kawan berjudul News Program South Lines URTV
  2. Program Acara Berita karya Saiful Arifin dan kawan kawan berjudul Tulungagung News

Talkshow

Talkshow merupakan format program acara bincang-bincang yang disiarkan di lembaga penyiaran dalam berbagai platform. Talkshow ada yang dibuat dengan pendekatan jurnalistik maupun dikemas sebagai bagian dari hiburan semata. Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga dibekali kemampuan untuk membuat program acara Talkshow. Mereka dibekali kemampuan mulai dari elaborasi topik hingga eksekusi. Berikut sejumlah karya program acara Talkshow yang telah dibuat oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam:

  1. Program Acara Talkshow Berjudul ‘Bincang Yaya Episode Data Facebook Milik Siapa’
  2. Program Acara Talkshow Berjudul ’Mata Tania’

Konten Audio

Audio atau suara merupakan bagian tak terpisahkan dalam sebuah konten informasi. Audio bisa berfungsi sebagai penguat maupun menciptakan emosi antara konten dengan pemirsa/pendengar. Penguasaan produksi pada konten audio memberikan bekal bagi mahasiswa untuk dapat masuk ke dunia radio. Sama seperti konten video, konten audio pun juga dapat dibuat dalam banyak versi dan tema. Berikut adalah contoh karya audio dari mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Karya tersebut dapat dinikmati disini dan disini.

Konten Religi

Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Tulungagung juga dibekali kemampuan untuk membuat konten konten keagamaan yang menarik. Beberapa konten tersebut dapat dilihat disini dan disini

Konten Dakwah 

Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga dibekali kemampuan produksi konten konten dakwah. Dalam memproduksi konten dakwah tersebut mahasiswa sekaligus menjadi pendakwah dan tim produksi. Beberapa karya dakwah mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dapat disaksikan disini dan disini

Beberapa karya di atas berasal dari mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Tulungagung selama proses perkuliahan berlangsung. Guna memperkuat kemampuan mahasiswa dalam memproduksi konten informasi, mereka juga mengimplementasikan ilmunya pada saat mengikuti KKNPPM, dan aktivitas lain di Laboratorium.

Untuk mengetahui update terbaru dari karya mahasiswa KPI dapat dilihat disini.